5 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Jarang Terekspos

1.    Tempat Wisata – Air Terjun Timbulun

tempat wisata

Tempat wisata air terjun timbulun

Konon, Air Terjun Timbulun mempunyai 7 tingkatan. Masing-masing tingkatan membutuhkan kesabaran dan perjuangan untuk mencapainya. Bagi para pengunjung biasanya mencukupkan diri untuk sampai pada titik tingkatan kedua. Sebab, dari titik ini hingga titik selanjutnya, medan yang akan ditempuh akan semakin berat. Perlu peralatan memadai untuk sampai ke tingkatan terakhir. Air Terjun Timbulun ini berlokasi di sebelah timur Kota Painan. Tepatnya di Kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

2.     Tempat Wisata – Muaro Binguang

tempat wisata

Muaro Binguang bisa dikatakan sebagai hidden place di utara Sumatera Barat. Selain karena tempat wisata ini belum populer, lokasinya juga jauh dari pemukiman warga. Selain itu, akses jalan menuju Pantai Muaro Binguang juga tidak mulus. Namun, hal tersebut juga yang membuat Pantai Muaro Binguang menjadi destinasi yang rancak. Ciri khas pantai yang bersih dengan pasir putihnya adalah idaman setiap orang. Pantai Muaro Binguang terletak di Desa Mandiangin, Kabupaten Pasaman Barat.

3.     Tempat Wisata – Air Terjun Babang

tempat wisata

Air Terjun Babang adalah salah satu dari banyaknya lokasi air terjun di Lubuk Alung. Air Terjun ini memiliki 3 tingkatan. Tingkat pertama biasanya dihuni oleh anak-anak karena lubuknya yang dangkal. Lubuk yang agak dalam ada pada tingkatan kedua dengan ketinggian air terjun mencapai 20 meter. Sementara, letak tingkatan ketiga bisa dibilang sangat jarang dikunjungi karena jaraknya yang cukup jauh. Hanya penduduk lokal yang mungkin pernah sampai ke tingkatan ketiga tersebut. Air Terjun Babang tidak kalah keindahannya dengan tempat wisata Air Terjun Nyarai yang sudah terlebih dahulu terkenal. Belum banyak pengunjung di luar Lubuk Alung yang mengetahui lokasi air terjun ini. Selain karena akses jalan yang buruk, para pengunjung juga harus menyusuri tepian sungai sekitar 1 jam berjalan kaki. Rata-rata, akses jalan adalah sisa-sisa pengaspalan sekitar tahun 80-an. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana kondisi jalan tersebut. Air Terjun Babang terletak di Dusun Surantiah, Koto Buruak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

4.     Tempat Wisata – Air Terjun Belek

tempat wisata

Masih dalam kawasan Lubuk Alung, Air Terjun Belek juga termasuk salah satu hidden place kepunyaan Sumatera Barat. Untuk sampai ke sini, mesti melewati lebatnya pepohonan. Dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk menembus belantara Gamaran. Tentunya, akan menjadi petualangan yang menakjubkan. Air Terjun Belek sendiri hanya mempunyai ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini tergolong sunyi dan tenang. Cocok dengan suasana pekat belantara di sekitarnya. Air Terjun Belek juga berada satu Korong dan tidak jauh dari lokasi Air Terjun Nyarai. Tepatnya berada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

5.     Tempat Wisata – Air Terjun Talago

tempat wisata

Masih satu lokasi dengan Air Terjun Nyarai dan Belek, di kawasan hutan Gamaran juga terdapat satu lagi tempat wisata air terjun. Dinamakan dengan Air Terjun Talago. Lebih dingin, lebih hijau dengan lubuk yang lumayan luas. Air Terjun Talago berjarak sekitar 7 jam dari Air Terjun Nyarai. Memang, bukan perjalanan biasa untuk sampai ke sana. Ketahanan fisik, kesiapan logistik dan keperluan lain mesti siap sedia jika ingin bertemu dengan air terjun tersebut.

Nah, itulah sedikit dari tempat wisata di Sumatera Barat yang jarang terekspos. Sudah menjadi kewajiban bagi AET sebagai salah satu biro perjalanan wisata untuk memperkenalkannya lebih luas. Perjalanan Anda ke Sumatera Barat tentu tidak akan menjadi sia-sia, karena akan menemukan keunikan-keunikan di sana. Dengan mengenal tempat-tempat eksotis berarti juga akan membuat kita seharusnya paham betapa penting menjaga apa yang telah dikaruniakan oleh Tuhan. Jadi, tidak hanya sekedar liburan tanpa arti saja. Namun, setelah sampai di rumah, diharapkan juga timbul respek terhadap lingkungan sekitar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s